Pentingnya Melakukan Pinjaman Online (Fintek) dan Beragam Manfaat yang Bisa Kamu Rasakan

Pinjaman online atau yang biasa dikenal dengan sebutan fintek (Financial Technology) merupakan fasilitas pinjaman uang yang disediakan oleh penyedia jasa keuangan dan biasanya berbasis online melalui aplikasi Android atau iOS.

Melakukan pinjaman online yang langsung cair dan tanpa jaminan merupakan salah satu solusi alternatif bagi sebagian masyarakat yang sedang membutuhkan dana tunai namun tanpa harus mengajukannya secara tatap muka.

Gaya hidup masyarakat yang berkembang secara drastis di Indonesia serta perubahan teknologi pengguna internet secara masif merupakan salah satu alasan fintek ini bermunculan. Cukup mengakses fintek lewat website atau aplikasi di smartphone, transaksi keuangan seperti pinjaman online hingga transfer dana dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa berbatas waktu.

Selain dimudahkan dengan proses online tanpa harus ribet datang langsung untuk mendapatkan pinjaman, ada beberapa keuntungan lain yang bisa dirasakan jika kamu menggunakan pinjaman online, diantaranya:

1. Proses Cepat
Proses pinjaman online bisa lebih cepat dibandingkan dengan pinjaman konvensional karena penyedia layanan fintek telah menyederhanakan administrasi. Misalnya, untuk pengiriman dokumen (persyaratan) hingga wawancara nasabah dapat dilakukan tanpa harus tatap muka secara langsung.

2. Syarat Mudah
Jika seringkali lembaga keuangan memberikan pinjaman secara ketat dan tak jarang menggunakan ‘jaminan’ sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan pinjaman, berbeda halnya dengan fintek. Pada pinjaman secara online syarat agunan sering tidak berlaku khususnya untuk nominal pinjaman yang kecil.

3. Fleksibel
Salah satu keunggulan pinjaman online adalah fleksibilitas. Cukup bermodalkan smartphone dan koneksi internet, kamu bisa melakukan pinjaman dari mana saja dan kapan saja tanpa harus mendatangi kantor cabang bank atau multifinance langsung.

4. Beragam Produk Pinjaman
Tak hanya pinjaman uang saja, penyedia layanan fintek juga memiliki beragam produk jenis pinjaman lain seperti membeli rumah hingga keperluan untuk modal usaha.

Itulah beberapa manfaat melakukan pinjaman fintek berbasis online di website atau aplikasi di smartphone. Namun bukan berarti semua penyedia layanan pinjaman fintek di bawah pengawasan OJK ya. Kamu juga perlu waspada dan hati-hati pada penyedia layanan fintek ilegal yang tidak terdaftar di OJK.

#KreditPlus #PastiPlus #PLUSMONEY #FintekLegal #OJK #ManfaatFintek

Back To List