5 Cara yang Bisa Bikin Kamu Jadi Manusia Hemat di 2018

Di akhir tahun, kebanyakan orang mulai membuat resolusi untuk dijalankan di 365 tahun mendatang. Salah satunya menjadi manusia yang lebih bijak mengelola keuangan. Nah, berikut ini adalah lima inspirasi menjadi manusia hemat di 2018 buat kamu.

Menyimpan ATM

ahloo-0700 hemat di 2017 atm mesin uang

Meminimaliskan aktivitas mengambil uang di ATM tentu dapat membuat kamu lebih hemat. Coba deh untuk menyimpan kartu tersebut di rumah dan kamu pun jadi lebih bijak dalam membelanjakan uang tunai yang ada di dompet.

Gaya hidup sehat

ahloo-0700-lebih-hemat-di-2017-dokter-sakit

Menerapkan pola hidup sehat lebih dari sekedar gaya. Kebutuhan ini juga membuat kamu lebih hemat dari biaya dokter, beli obat, dan perawatan lainnya.

Perencanaan isi perut

ahloo-0700-lebih-hemat-di-2017-agenda-makan

Jadikan merencanakan makanan yang akan kamu konsumsi seminggu ke depan sebagai ritual setiap akhir pekan. Tulis secara rinci yang ingin kamu masak dan makan.

Mengumpulkan catatan pengeluaran

ahloo-0700-struk-belanja-sayuran

Coba deh untuk mengumpulkan struk transaksi kamu selama sebulan. Catat dan hindari transaksi yang sebenarnya kamu lakukan tapi ternyata nggak banyak berefek pada kebahagiaanmu di tahun depan.

Investasi

ahloo-0700-kopi-alat

Berinvestasi bisa dimulai dari kebiasaan minum kopi kamu setiap pagi, lho. Jika biasanya kamu ke kedai kopi untuk menambah semangat, coba mulai 2018 alokasi dana itu diinvestasikan ke mesin pembuat kopi sendiri di rumah. Lebih hemat, kan?

sumber: ahloo

Back To List