Bidang Pekerjaan Ini Bisa Jadi Pertimbangan Kamu Sebelum Memutuskan untuk Kuliah

Buat kamu yang saat ini sedang menempuh Ujian Nasional, selamat berjuang ya. Jika usaha dan doa dibarengi, hasilnya pasti akan maksimal. Setelah lulus nanti apakah kamu sudah merencanakan mau melanjutkan kuliah? Masih bingung dengan jurusan apa yang sebaiknya diambil?

Tenang saja,  ada tips yang bisa kamu coba biar kamu ngga bingung. Sebelum memutuskan, di jurusan apa kamu kuliah, kamu harus tahu dulu profesi pekerjaan apa yang kira-kira banyak dicari dalam lima sampai sepuluh tahun ke depan khususnya setelah Indonesia sudah terlibat dalam program Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang dimulai akhir tahun 2015 lalu.

MEA memberikan keuntungan buat kamu untuk bisa berkarir bukan hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri. Namun persaingan di dalam negeri juga ketat karena kamu bisa saja berhadapan dengan pekerja-pekerja dari negara lain. So, jangan sampai kamu salah memilih jurusan ya. Untuk gambaran, inilah sembilan profesi pekerjaan yang akan banyak dicari sebagai pertimbangan jurusan apa yang ingin kamu pilih.

1. Pariwisata

Jurusan yang berkaitan dengan industri pariwisata lumayan banyak loh seperti Ilmu Pariwisata (D3), Perhotelan, Sastra Inggris, Sastra Mandarin, Sastra Jepang, Akuntansi, Desain Grafis, Komunikasi.

2. Arsitek

Jurusan yang berkaitan dengan arsitektur tentu yang terutama ada Teknik Arsitektur. Sementara jurusan pendukungnya kamu bisa pilih: jurusan Teknik Sipil, Desain Interior, Teknik Tata Kota (Planologi), Desain Grafis, dan Seni Rupa.

3. Guru

Guru di Indonesia mulai mendapatkan perhatian dari pemerintah meskipun belum seluruhnya. Profesi ini bagaikan profesi yang abadi dan selalu dibutuhkan. Jika kamu tertarik menjadi guru, ada baiknya kamu pilih kampus-kampus yang membuka program studi ilmu kependidikan. Di  Jakarta ada beberapa kampus yang bisa dipilih seperti UNJ (bekas IKIP Jakarta), Uhamka, STKIP Purnama, Unisma, ataupun UIN Jakarta.

4. Akuntan

Jurusan yang berkaitan dengan bidang pekerjaan ini terutama adalah Ilmu Akuntansi. Kamu boleh coba ikut tes di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) atau masuk ke perguruan tinggi lain. Sementara itu jurusan alternatif yang bisa mendukung adalah Ilmu Ekonomi Pembangunan ataupun jurusan Ilmu Tata Niaga.

5. Dokter Gigi

Jelas sekali jurusan yang mendukung hanyalah Ilmu Kedokteran Gigi. Banyak kok kampus-kampus di Jakarta yang membuka jurusan ini. Sebagai alternatif kamu bisa kok mengambil Ilmu Keperawatan atau Farmasi karena kedua jurusan ini akan membantu lulusan Ilmu Kedokteran Gigi ketika kelak sudah memulai praktek.

6. Praktisi Medis

Praktisi medis yang dimaksud di sini berkaitan dengan pekerjaan di bidang kesehatan seperti dokter, perawat, hingga ahli gizi. Namun bukan berarti hanya tiga keilmuan itu ya yang bisa kamu pilih. Sebagai alternatif kamu bisa memilih jurusan: Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Kebidanan, Teknik Farmasi, Kimia, dan Biologi.

7. Perawat

Kalau kamu mau membaktikan dirimu untuk menjadi tenaga keperawatan, ya satu-satunya jurusan yang bisa kamu pilih hanya Ilmu Keperawatan. Di Indonesia sudah banyak kok kampus negeri ataupun swasta yang membuka program studi ini.

8. Tenaga Survei

Untuk menjadi seorang ahli dalam survei, biasanya ilmu yang harus dipelajari adalah Statistik. Program studi ini dipelajari secara khusus di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik di bawah Badan Pusat Statistik (BPS). Namun kamu bisa juga mengambil studi lain yang berkaitan dengan ilmu statistik seperti di jurusan Ilmu Matematika ataupun Ekonomi Pembangunan.

9. Insinyur

Di Indonesia profesi ini akan jadi favorit dalam lima sampai sepuluh tahun ke depan. Apalagi setelah pemerintah secara jor-joran melakukan pembangunan infrastruktur dimana-mana. Nah, kamu boleh memilih jurusan seperti Teknik Elektronik, Teknik Sipil, Teknik Tata Kota, Teknik Industri, atau Teknik Mesin untuk menunjang program-program pemerintah ke depan.

Back To List